TIPS MERAWAT SAPI SAPI

 

Tips Merawat Sapi Sapi

KAMIS, 5 OKTOBER 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi Sapi yang Sehat (Kumparan.com)

  Bagi para peternak, ternak adalah hal yang penting untuk tetap dijaga. Ternak yang tumbuh sehat secara langsung meningkatkan nilai harga jualnya juga. Maka dari itu untuk sobat ternak yang memiliki ternak perlu memperhatikan cara merawat mulai dari kandang, pakan dan sebagainya. Ternak yang sering dipelihara ada berbagai macam, contohnya sapi. Sapi memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Daging sapi bisa dikonsumsi, kulit sapi bisa dibuat tas dan pakaian, dan kotorannya pun dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Sobat ternak sapi bisa mengikuti langkah berikut ini, agar sapi selalu sehat dan bermanfaat 

1. Memberi pakan yang berkualitas

Pakan merupakan sumber asupan ternak yang penting ketika merawat sapi. Sobat ternak sapi perlu memperhatikan dengan cermat kualitas pakan yang akan diberikan kepada sapi. Kandungan nutrisi dan gizi dalam pakan wajib terpenuhi. Pastikan pula pakan yang dikonsumsi ternak segar, bebas kimia dan zat berbahaya.

2. Memberikan vaksin

Bukan cuma manusia yang divaksin, sapi juga divaksin lho. Tujuannya tidak lain agar kekebalan tubuh ternak kuat, tidak mudah terkena penyakit. Vaksin dapat mencegah ternak sapi dari penyakit yang menular dan tidak menular.

3. Pastikan kandang selalu bersih

Kandang yang bersih dijauhi oleh bakteri penyakit yang menyerang sapi. Selain itu, ukuran kandang harus diperhatikan tidak terlalu sempit karena sapi akan mudah stres. 

4. Pantau kesehatan sapi

Pakan, vaksin dan kandang sudah, selanjutnya adalah kesehatan sapi. Penyakit menyerang tanpa disadari. Untuk menghindari itu, Sobat ternak sapi harus selalu secara berkala mengecek kesehatan sapi.

Itu adalah langkah-langkah agar sapi selalu sehat dan bermanfaat untuk Sobat sobat ternak sapi Setelah mengetahui langkah merawat sapi, Sobat sobat ternak sapi bisa menerapkannya lho. Semoga membantu...


Komentar